Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia

Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia - Hallo sahabat highwayroadrunner, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Insomnia, Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Insomnia adalah kesukaran untuk memulai tidur ataupun mempertahankan tidur. Umumnya kesulitan tidur ini disebabkan oleh karena adanya gangguan didalam waktu dan mekanisme tidur, hal ini biasanya diperberat oleh adanya perilaku yang tidak sehat, seperti tidak teraturnya jam tidur, sering begadang, dan kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman, terutama yang mengandung kafein dan juga rokok yang menyebabkan seseorang susah tidur.

insomnia

Penyebab dan gejala insomnia
Insomnia dapat disebabkan oleh beragam faktor seperti pikiran, kurang berolahraga ataupun adanya indikasi berbagai macam penyakit serius pada tubuh. Seseorang yang menderita insomnia sering mengalami gejala di siang hari yang terkait dengan kurang tidur, seperti kantuk di siang hari, kelelahan, dan penurunan kewaspadaan terhadap mental. Meski terlihat memperburuk kualitas hidup mereka, bukan berarti Insomnia tidak dapat diatasi atau diobati.

Berikut beberapa informasi Tentang Cara Mengatasi Insomnia yang bisa Anda lakukan:
  1. Berhenti mengonsumsi kafein, minuman beralkohol dan rokok terutama pada sore dan malam hari.
  2. Pastikan kamar Anda gelap dan tenang, supaya mempermudah Anda untuk terlelap. Keadaan gelap mampu mempercepat keluarnya hormon penenang (melatonin) dari otak sehingga membuat tidur lebih lelap.
  3. Jangan biarkan binatang peliharaan Anda tidur di kamar Anda. Jadikan kamar Anda tempat untuk tidur, bukan membaca, menonton atau bermain bersama binatang kesayangan.
  4. Berolahragalah secara teratur. Olahraga yang baik dapat dimulai pada pukul enam pagi hari sebelum beraktivitas. Hindari berolahraga 3-4 jam sebelum tidur karena dapat menstimuli tubuh untuk tetap aktif.
  5. Hindari makan malam dan minum terlalu banyak. Makanlah paling tidak dua jam sebelum Anda terlelap di malam hari.
  6. Jangan paksa diri Anda untuk tidur. Biarkan diri Anda terlelap dengan sendirinya. Membaca buku atau mengonsumsi susu hangat 30 menit sebelum tidur dapat membantu Anda lebih cepat mengantuk.
  7. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari. Hindari tidur siang karena dapat mempersulit Anda untuk tidur di malam hari.
  8. Letakkan bantal pada lutut, dan tidurlah menyamping. Posisi seperti ini dapat mengurangi pegal pada bagian punggung serta menegakkan posisi punggung, sehingga Anda akan tidur lebih lelap.
Nah itulah penyebab dan cara mengatasi Insomnia yang dapat anda pelajari. Melakukan konsultasi kedokter merupakan salah satu cara yang baik untuk membantu mengobati Insomnia. Selain itu hindari keadaan gelisah dengan melakukan bergam aktivitas, seperti membaca-baca buku, nyapu lantai, dan masih banyak kegiatan ringan lainnya. Semoga bermanfaat!!


Demikianlah Artikel Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia

Sekianlah artikel Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia dengan alamat link http://highwayroadrunner.blogspot.com/2016/02/penyebab-dan-cara-mengatasi-insomnia.html
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment